Senin, 18 Oktober 2010

IMPLIKASI TEORI VON THUNEN PADA ZONA LAHAN DAN STRUKTUR RUANG KOTA

A.PENDAHULUAN
1.Karakteristik Kota
Kota merupakan basis ekonomi dengan kepadatan penduduk yang tinggi yang menjadi interaksi intensif antara kegiatan ekonomi dan sosial sehingga lokasi sangat mempengaruhi tempat aktivitas dan interaksinya.
2.Kota merupakan sebuah sistem
Karakteristik kota akan mempengaruhi bentuk kota, bentuk kota akan mempengaruhi guna lahan sedangkan guna lahan akan menentukan nilai lahan.
3.Model Struktur Ruang Kota Klasik

  • Consentric zone theory
  • Sector theory
  • Multiple nuclei
4.Struktur Kota dan Von Thunen
Adanya perbedaan zona lahan dan struktur ruang kota
Harga adalah sewa terhadap aksesibilitas

B.REVIEW LITERATUR : IMPLIKASI TEORI VON THUNEN PADA ZONA LAHAN DAN STRUKTUR RUANG KOTA
Teori Von Thunen pada dasarnya meninjau sebuah lokasi dari faktor jarak dan biaya transport dari pusat kota yang akhirnya berimplikasi terhadap zona lahan dan struktur ruang kota. Menurut Von Thunen sewa lahan paling mahal berada di pusat pasar dan makin rendah apabila makin jauh dari pasar. Von Thunen menentukan hubungan sewa lahan dengan jarak ke pasar dengan menggunakan kurva permintaan. Berdasarkan perbandingan antara harga jual dengan biaya produksi, jenis-jenis produksi memiliki kemampuan yang berbeda untuk membayar sewa lahan. Makin tinggi kemampuannya untuk membayar sewa lahan, makin besar kemungkinan kegiatan itu berlokasi dekat ke pusat pasar. Hasilnya adalah suatu pola penggunaan lahan berupa diagram cincin. Maka dari itu diagram cincin ini membentuk suatu zona-zona pemakaian lahan.
Von Thunen juga menekankan biaya transport pada teorinya yang berarti harga pada dasarnya adalah sewa terhadap aksesibilitas. Sehingga jaringan transportasi dan perilaku (gaya hidup) masyarakat juga akan mempengaruhi struktur ruang kota.

C.KESIMPULAN
Melalui analisis Von Thunen menggunakan kurva permintaan yang menghubungkan sewa lahan dengan jarak pasar, di dapat sebuah diagram cincin yang menggambarkan zona-zona pemakaian lahan. Selain itu biaya transport yang ditekankan Von Thunen menjelaskan bahwa harga adalah sewa terhadap aksesibilitas. Sehingga dapat dikatakan Teori Von Thunen memiliki implikasi terhadap zona lahan dan struktur ruang kota.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates