Senin, 18 Oktober 2010

Teori Losch

  1. PENDAHULUAN

Losch mengatakan bahwa lokasi penjual berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat dijaringnya. Makin jauh dari pasar, konsumen enggan membeli karena biaya transportasi (semakin jauh tempat penjualan) semakin mahal. Produsen harus memilih lokasi yang menghasilkan penjualan terbesar. Losch menyarankan lokasi produksi ditempatkan di dekat pasar. Kontribusi Losch :

  • Losch mengatakan bahwa potensi demand (permintaan) menjadi faktor penting dalam menentukan lokasi industri.

  • Kritik terhadap pendahulunya yang selalu berorientasi pada biaya terkecil, padahal yang biasanya dilakukan oleh industri adalah memaksimalkan keuntungan.

Losch menjelaskan bagaimana economic Landscape terjadi, yang merupakan keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Teori Losch bertujuan untuk menemukan pola lokasi industri sehingga diketemukan keseimbangan spasial antar lokasi. Losch berpendapat bahwa dalam lokasi industri yang tampak tidak teratur dapat diketemukan pola keberaturan. Asumsi Losch :

  • Suatu daerah yang homogen dengan distribusi sumber bahan mentah

  • Sarana angkutan yang merata serta selera konsumen yang sama

Untuk mencapai keseimbangan, ekonomi ruang Losch harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

  • Setiap lokasi industri harus menjamin keuntungan maksimum bagi penjual maupun pembeli.

  • Terdapat cukup banyak usaha pertanian dengan penyebaran cukup merata sehingga seluruh permintaan yang ada dapat dilayani.

  • Terdapat free entry dan tidak ada petani yang memperoleh super-normal profit sehingga tidak ada rangsangan bagi petani dari luar untuk masuk dan menjual barang yang sama di daerah tersebut.

  • Daerah penawaran adalah sedemikian hingga memungkinkan petani yang ada untuk mencapai besar optimum.

  • Konsumen bersikap indifferent terhadap penjual manapun dan satu-satunya pertimbangan untuk membeli adalah harga yang rendah.

  1. REVIEW LITERATUR : TEORI LOSCH

Dengan makin banyaknya petani yang menawarkan produk yang sama, maka akan terjadi dua keadaan :

1. Seluruh daerah akan terlayani.

2. Persaingan antar petani penjual akan semakin tajam dan saling berebut pembeli.

Akhirnya luas daerah pasar masing-masing petani penjual akan mengecil dan dalam keseimbangannya akan terbentuk segienam beraturan. Bentuk ini dipilih karena menggambarkan daerah penjualan terbesar yang masih dapat dikuasai setiap penjual dan berjarak minimum dari tempat lokasi kegiatan produksi yang bersangkutan. Keseimbangan yang dicapai dalam teori Losch berasumsi bahwa harga hanya dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran, oleh karenanya keseimbangan akan terganggu bila salah seorang penjual menaikkan harga jualnya. Keputusan ini mengakibatkan tidak hanya pasar menyempit karena konsumen tak mampu membeli tapi sebagian pasar akan hilang dan direbut oleh penjual yang berdekatan. Untuk memperluas jangkauan pasar dapat dilakukan dengan menjual barang yang berbeda jenis dari yang sudah ditawarkan.

  1. KESIMPULAN

Pada intinya, Losch mengatakan bahwa lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya. Makin jauh dari pasar, konsumen makin enggan membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat berjualan semakin mahal. Produsen harus memilih lokasi yang menghasilkan penjualan terbesar dan identik dengan penerimaan terbesar.

SUMBER : Perencanaan Pembangunan Wilayah, Drs. Robinson Tarigan, M.R.P

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates